How to Reset Password User Account in Windows

Pengertian Recovery Mode pada Android dan Manfaatnya

Assalamualaikum Wr. Wb

Halo guys, ketemu lagi dengan mimin , pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Recovery Mode pada Android.




Recovery Mode adalah suatu menu dari Android yang dapat digunakan untuk memperbaiki masalah software yang bisa saja saja terjadi pengguna hp. Selain itu juga bisa digunakan untuk Flashing apabila pengguna hp mengalami Bootloop (Stok di logo HP). Selain itu juga Recovery Mode pada hp juga bisa berfungsi untuk Kostumisasi hp android, root hp android, custom rom , dll. Dan jika hendak masuk ke Menu Recovery Mode anda bisa gunakan Tombol Volume (+) atas atau Volume bawah (-) disertai dengan menekan tombol Power

Recovery Mode ini tentunya tidak terisntall pada semua smartphone, tapi sebagian besar sudah terdapat Recovery Mode yg menggunakan OS Android. Namun jangan khawatir, jika hp anda tidak terdapat Recovery Mode, anda bisa menginstallnya sendiri dengan bantuan PC maupun tanpa PC. Contoh Recovery Mode yang biasa mimin gunain yaitu CWM (Clock Work Mood) dan TWRP (Team Win Recovery Project).


Menu pada Recovery Mode memiliki berbagai pilihan ,walaupun entah itu CWM maupun TWRP menu yang disediakan walaupun agak sedikit berbeda namun memiliki fungsi yang tidak jauh beda.


                                                             (Contoh Menu-Menu pada TWRP)



                                                       (Contoh Menu-Menu Pada CWM)



Sekilas memang sama dan fungsinya juga sama.Tapi,secara garis besar menu-menu yang biasanya ada dalam Recovery Mode yaitu :
1. Wipe Data/ Factory Reset : Befungsi untuk mereset semua data baik aplikasi, gambar, video , maupun file dan data-data penting yang tersimpan dalam memori internal. Jika anda hendak melakukan factory reset hendaknya anda harus backup terlebih dahulu karena semua data akan hilang dalam sekejap mata memandang mantan ditikung teman sendiri :'( (malah curhat :v)
2. Install : Berfungsi untuk menginstall Firmware, Kostumisasi hp android, Custom ROM, root device pengguna android, dll
3. Wipe cache : Untuk menghapus cache sampah yang terdapat dalam file system hp android anda
4. Reboot system now : Untuk Reboot ataupun restart hp android anda

Untuk menu-menu lain anda bisa coba-coba dulu soalnya menunya banyak sekali :), tapi jika anda sudah terbiasa pasti anda mengerti apa fungsi dari menu-menu yang lain


Manfaat Recovery Mode yaitu :
- Misalkan ada aplikasi maupun file system ada yang hilang ataupun error, maupun bootloop , anda bisa flash (install ulang)
-Jika anda sudah terdapat Recovery Mode, anda bisa untuk kostumisasi android, root device, install recovery lain (jika bosen :v), bisa juga meremove pin , password, maupun lupa pola tanpa reset factory, dll


Demikian postingan ini saya tulis, apabila ada kesalahan penggunaan kata dan kalimat yang kurang berkenan di hati kalian, saya selaku mimin mohon maaf yang sebesar-besarnya dan semoga postingan saya kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua yang membacanya, amiin.

See You Next Post and Have A Nice Day Guys :) (y)



Wassalamualaikum Wr. Wb.
Sumber : Beberapa Blog
§   

Comments

Post a Comment